Kurikulum

Menuju Indonesia Emas 2045, dibutuhkan generasi tangguh yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kokoh dalam iman dan akhlak. Kurikulum Sekolah Al Bunyan Boarding School disusun untuk membentuk siswa yang Mandiri, Unggul, Literat, Beriman, dan Amanah, dengan keseimbangan antara kecakapan akademik, kedalaman spiritual, dan kekuatan karakter. Melalui pendekatan yang terintegrasi dan berbasis pesantren, SAB menyiapkan generasi pemimpin masa depan yang siap berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan peradaban dunia.

Filosofi Kurikulum

Kurikulum MULIA di Sekolah Al Bunyan Boarding School lahir dari keyakinan bahwa pendidikan hakiki bukan sekadar penyampaian pengetahuan, tetapi proses pembentukan manusia seutuhnya. Manusia yang Mandiri dalam mengenal dan mengelola diri, Unggul dalam akhlak dan prestasi, Literat dalam cara berpikir dan berkarya, berlandaskan Iman yang lurus, serta Amanah dalam menjalankan tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat. Kurikulum ini dirancang untuk menumbuhkan generasi pemimpin berkarakter rabbani, yang berakar pada nilai-nilai Islam, mencintai bangsanya, dan siap memberi kontribusi nyata menuju Indonesia Emas 2045.

Pengantar Kurikulum

Sekolah Al Bunyan Boarding School menghadirkan layanan pendidikan terpadu untuk jenjang SMP dan SMA dengan kurikulum integratif berbasis empat pilar utama: Al-Qur’an, Akademik, Kepemimpinan, dan Kebangsaan. Setiap jenjang dirancang sesuai dengan tahap perkembangan remaja—dari penguatan nilai diri, keterampilan sosial, dan konsep berpikir di SMP, hingga pendalaman akademik, eksplorasi potensi, dan pelatihan kepemimpinan di SMA. Kurikulum ini disusun untuk menyeimbangkan antara kecerdasan intelektual, pembentukan karakter MULIA (Mandiri, Unggul, Literat, Iman, Amanah), serta kemampuan memimpin dengan adab dan visi, guna menciptakan proses belajar yang berkelanjutan dan utuh dalam menyiapkan generasi pemimpin masa depan.

Struktur Kurikulum

Sekolah Al Bunyan Boarding School menggabungkan Kurikulum Nasional, Kurikulum Pesantren, dan Kurikulum khas SAB berbasis nilai MULIA dalam pembelajaran yang menyeluruh dan bermakna. Kurikulum ini dirancang untuk mencetak siswa yang tidak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga berkarakter, berjiwa pemimpin, dan memiliki kedalaman spiritual. Baik SMP maupun SMA mengikuti lima kelompok mata pelajaran utama yang saling mendukung, ditambah pembinaan asrama, program tahfidz, dan pelatihan kepemimpinan. Khusus SMA, tersedia Suplemen Student Success Map sebagai bekal menghadapi ujian masuk perguruan tinggi dan masa depan.

Program

Sekolah Al Bunyan Boarding School menawarkan model pendidikan berasrama (boarding school) untuk jenjang SMP dan SMA, dengan pendekatan terpadu antara akademik, pembinaan karakter, dan kehidupan Islami. Seluruh program dirancang untuk membentuk siswa yang mandiri, disiplin, dan berakhlak mulia melalui rutinitas harian yang terstruktur, kegiatan tahfidz, mentoring, life skills, serta pembiasaan ibadah. Pembelajaran berlangsung intensif dan menyeluruh, dengan dukungan lingkungan asrama yang aman, nyaman, dan kondusif untuk pertumbuhan spiritual, emosional, serta kecakapan hidup.

Ekstrakulikuler

Di Sekolah Al Bunyan Boarding School, kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah bagi siswa untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan potensi di luar kelas. Program ini dirancang untuk mengasah minat, bakat, dan soft skills siswa jenjang SMP dan SMA, melalui pilihan klub yang beragam, mulai dari bahasa, sains, seni, olahraga, hingga kepemimpinan dan keterampilan. Melalui aktivitas ini, siswa tidak hanya belajar, tetapi juga tumbuh menjadi pribadi yang kreatif, percaya diri, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Jl. Ama Sandi, RT.05/RW.09, Cikaret, Kec. Bogor Selelatan, Kota Bogor, Jawa Barat, 16132.

Ikuti Kami

Copyright 2025 © All right Reserved Design by Kopen Studio